Visit us on Google+ AgaricPro;/a> | Info AgaricPro | Testimoni AgaricPro
Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

MENELADANI HIDUP SEHAT RASULULLAH SAW

MENELADANI HIDUP SEHAT RASULULLAH SAW

Meneladani hidup sehat Rasulullah SAW
                                                                                                                                                                 Siapa yang tidak tahu beliau? seluruh rakyat di jagad raya ini pasti mengetahuinya.              apalagi umat islam. diturunkannya beliau kedunia ini sebagai penyempurna akhlak manusia.Kehidupan beliau haruslah menjadi cerminan bagi kita selaku ummatnya.
Semoga dengan mengikuti sunnahnya kita diakui sebagai ummatnya. amiin.dibawah ini adalah beberapa kriteria pola hidup Rasulullah SAW yang berhasil kami rangkum., mudah-mudahan bermanfaat.
1.     Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa dijadikan teladan bagi umat zaman sekarang. Salah satunya adalah Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah.
2.     Rasulullah duduk ketika hendak minum
Ketika merasa haus Rasulullah biasa meminum air dengan duduk terlebih dahulu. Cara ini juga terbukti menyehatkan secara ilmiah dimana ketika kita meminum air dengan posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima tekanan air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air. 

3.     Rasulullah makan dengan tangan kanan
Makan dengan tangan kanan bukan hanya sekedar tradisi tetapi juga menurut sebuah penelitian ini juga salah satu gaya hidup yang sehat. Ketika makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak kiri ini selalu teratur, dan berpikir. Sedangkan ketika makan menggunakan tangan kiri maka yang aktif adalah otak kanan yang memiliki sifat imajinasi dan acak. Jadi makan dengan tangan kiri dianggap kurang cocok menurut sebuah penelitian.

4.     Rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun
Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. Dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan dalam pengertian dalam keseimbangan. 

5.     Rasulullah sering berpuasa
Menurut sebuah penelitian berpuasa adalah sebuah metode ampuh untuk menahan diri. Ini merupakan sebuah cara sehat yang belum diketahui orang-orang zaman sekarang. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa baca buku ESQ karya Ari Ginanjar. Disana ada pembahasan yang detail tentang manfaat puasa yang dikaitkan dengan penelitian zaman sekarang.

6.     Dari Bangun Tidur Sampai Tidur Lagi
a. Pagi Hari
Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksige dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolism tubuh.
Hal ini jelas sangat besar pengaruhnya terhadap vitalisasi seseorang dalam aktivitasnya selama sehari penuh.
Ketahuilah, bahwasanya setiap subuh Rasululloh SAW selalu mendapat udara segar. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan shalat Qiyamul lail. Biasanya orang yang memulai kehidupan di pagi hari dengan bangun subuh, akan menjalani hari dengan penuh semangat dan optimism. Berbeda dengan orang yang tidak bangun di subuh hari, biasanya lebih mudah terserang rasa malas untuk beraktivitas.
Untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya pada pagi hari, Rasululloh SAW biasa memakai siwak. Siwak mengandung Flour  yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi.
Mulut dn gigi merupakan organ penting yang sangat berperan dalam konsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan terganggu.
Rasululloh membuka menu sarapannya dengan air dingin yang dicampur dengan MADU. Dalam Al-Quran, madu merupakan Syifaa (Obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh, menunjukkan arti umum dan menyuruh. Pada dasarnya madu bisa menjadi obat atas berbagai penyakit. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan sembelit, wasir, luka bakar dan peradangan.
  b. Menjelang Siang Hari
Tujuh butir kurma ajwa (matang) menjadi kebiasaan Rasululloh SAW menjelang siang. Beliau pernah bersabda “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun”.
Hal ini terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanana Rosululloh SAW pada sebuh percobaan pembunuhan di perang Khaibar. Racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma.
  c. Menjelang sore hari
Menu Rasulullah SAW biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja tidak hanya cuka dan minyak zaitun, tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantara mencegah lemah tulang, kepikunan, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.
  d. Dimalam hari
Menu utama makan malam Rasululloh SAW adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit.
Setelah makan malam Rasululloh tidak langsung tidur, beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dah mudah dicerna. Caranya bisa juga dengan shalat. Rasululloh SAW bersabda : “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.”

7.     Selalu Bangun Sebelum Subuh
Rasul selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sholat sunah dan sholat Fardhu, sholat subuh berjamaah. Hal ini memberi hikmah yg mendalam antara lain : 
v  Berlimpah pahala dari ALLAH Subhana Wa Tala
v  Kesegaran udara subuh yg bagus untuk kesehatan / terapi penyakit TB
v  Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

8.      Aktif Menjaga Kebersihan
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu sentiasa rapi & bersih, tiap hari kamis atau Jumaat beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi. "Mandi pada hari Jumaat adalah wajib bagi setiap orang-orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman"(HR Muslim).

9.     Tidak Pernah Banyak Makan
Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam : "Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak ( tidak sampai kekenyangan)"(Muttafaq Alaih) Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda : Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan. Bahkan ada satu tarbiyyah khusus bagi ummat Islam dengan adanya Puasa Ramadhan untuk menyeimbangkan kesehatan.

10.  Gemar Berjalan Kaki
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancar.Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

11.  Tidak Pemarah
Nasihat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam : "Jangan Marah"diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa. Ada terapi yang tepat untuk menahan marah :
v  Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
v  Membaca Ta 'awwudz, karena marah itu dari Syaithon
v  Segeralah berwudhu
v  Sholat 2 Rokaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati

12.  Optimis dan Tidak Putus Asa
Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan bekerja keras,serta tawakal kepada ALLAH Subhana Wa Tala.

13.  Tak Pernah Iri Hati
Untuk menjaga stabilitas hati & kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat. : Ya ALLAH, bersihkanlah hatiku dari sifat sifat mazmumah dan hiasilah diriku dengan sifat sifat Mahmudah.

Demikian sharing ilmu yang bisa kami sampaikan, terimakasih atas kesediaannya mengunjungi website kami, mudah-mudahan bermanfaat.
Dan dibawah ini kami kenalkan produk herbal AgaricPro yang mudah-mudahan bisa menjadi salahsatu solusi kita dalam menjaga kesehatan.

pemesanan produk Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

Terima kasih telah membaca artikel tentang MENELADANI HIDUP SEHAT RASULULLAH SAW di blog AgaricPro | Solusi Masalah Kesehatan Anda. Bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

AgaricPro;/a> | Info AgaricPro | Testimoni AgaricPro